Jangan Sepelekan, Ini Gejala Penyakit Gonore (kencing nanah)

0
175

Gonore (kencing nanah) merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sering disepelekan oleh beberapa orang. Padahal penyakit gonore yang diabaikan bisa menyebabkan masalah terhadap kesehatan lainnya. Penyakit gonore (kencing nanah) yang disebabkan oleh bakteri/virus bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus ini dapat menyerang siapa saja baik itu pria maupun wanita.

Bakteri Neisseria gonorrhoeae yang dapat menginfeksi pada lapisan dalam uretra, rektum dan leher rahim ini bisa menyebar melalui peredaran darah ke tubuh lainnya seperti pada kulit dan persendian. Pada wanita, bakteri ini akan menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi.

Penyebab penyakit gonore (kencing nanah)

Penyebab dari penyakit gonore salah satunya yaitu akibat dari hubungan intim secara bergonta-ganti pasangan atau hubungan intim yang tidak sehat seperti seks oral, anal maupun mainan seks yang tidak dilapisi dengan pengaman atau yang terkontaminasi serta berhubungan intim tanpa menggunakan kondom.

Gejala penyakit gonore (kencing nanah)

Penyakit gonore yang tidak secara langsung akan memunculkan gejala pada orang yang terinfeksi, karena biasanya gejala akan muncul 5-10 hari setelah terinfeksi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae. Berikut ini gejala penyakit gonore pada pria dan wanita.

Gejala penyakit gonore (kencing nanah) pada pria.

  1. Ada rasa panas terbakar saat kencing (buang air kecil) di ujung maupun akhir.
  2. Buang air kecil terasa nyeri, sakit dan perih.
  3. kencing (buang air kecil) keluar cairan nanah ataupun darah.
  4. Keluar cairan bening seperti nanah secara tiba-tiba.
  5. Mr.P (penis) mengalami pembengkakan.
  6. Terasa gatal di dalam saluran kencing.

Gejala penyakit gonore (kencing nanah) pada wanita.

  1. Adanya luka lecet di sekitar kemaluan
  2. Buang air kecil terasa perih, nyeri dan sakit.
  3. Keluar cairan bening seperti keputihan.
  4. Terasa nyeri dan peri setelah melakukan hubungan intim.
  5. panggul terasa nyeri atau sakit waktu beraktifitas.

Apabila Anda mengalami gejala dari penyakit gonore (kencing nanah), alangkah baiknya segera melakukan pengobatan sejak dini, karena jika Anda menunda pengobatan bisa menyebabkan bakteri semakin menyebar dan penyakit akan semakin parah.

Komplikasi penyakit gonore (kencing nanah)

Gonore (kencing nanah) yang tidak segera diobati dapat menyebabkan komplikasi yang dapat menyerang pada bagian: mata, tenggorokan, kulit, persendian, peredaran darah yang dapat merusak pada jaringan otak, dan dapat mengganggu pada kesuburan pria maupun wanita.

Cara mengobati penyakit gonore (kencing nanah)

Cara mengobati penyakit gonore tetaplah dengan injeksi atau suntikan dan antibiotik pemberian dokter, tentu Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kelamin agar pemberian antibiotik dengan resep dan dosis yang benar supaya penyakit gonore sembuh total. Namun apabila Anda sudah dinyatakan sembuh oleh dokter tetaplah lakukan pencegahan agar penyakit tidak kembali lagi atau tertular kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here